Beranda > Tugas > Membangun Usaha dan Bidang Usaha yang Harus Dijalani

Membangun Usaha dan Bidang Usaha yang Harus Dijalani

 

Dewasa ini banyak hal dilakukan agar dapat menambah pemasukan, baik itu karyawan swasta maupun pegawai yang bekerja dalam instansi pemerintah. Hal yang mereka lakukan yaitu merambah ke dunia bisnis dengan membangun usaha.  Tentu saja tujuan mereka semua untuk menambah penghasilan sekunder di luar gaji pokok yang didapat. Namun ada juga yang memang telah bercita-cita menjadi seorang wirausaha atau melanjutkan usaha yang telah turun temurun dijalani. Di era modern seperti sekarang ini tentu saja banyak bidang yang dapat digunakan untuk memulai usaha. Tapi bagaimana kiat-kiat agar kita dapat sukses di tengah kemajemukan masyarakat? Berikut beberapa yang saya dapat setelah mencari melalui internet.

1. Penelitian pasar (Market Research), merupakan tahap awal dan yang pokok dalam memulai membangun bisnis. Anda harus melakukan penelitian di pasar untuk menentukan: siapa konsumen, mana yang menjadi sasaran utama, dimana dapat diraih pelanggan, apa dan bagaimana promosi dapat dilakukan.

2. Memilih rekan kerja yang tepat (Best Partner), dapat menentukan keberhasilan bisnis, karena tidak jarang pebisnis dikecewakan oleh partner bisnisnya.

3. Jaminan Keuangan (Financial Security), meski bukan sesuatu yang mutlak namun jaminan keuangan atau modal sangat diperlukan untuk memulai bisnis sendiri. Ada beberapa pilihan dalam mendapatkan modal, yaitu: pinjaman bank baik secara pribadi maupun pinjaman untuk usaha kecil, ikut program pemerintah di bidang usaha kecil dan menengah (UKM), mencari investor dan memulai usaha bersama.

4. Menciptakan image yang unik (Create Unique Image), ini yang akan menentukan atau membedakan bisnis yang anda jalankan ini dengan bisnis serupa yang orang lain telah jalankan sebelumnya. Image unik ini juga akan meyakinkan calon konsumen anda, karena anda mudah dikenal publik.

5. Jangan berfikir untung dulu, merencanakan perputaran uang lebih cepat dengan keuntungan tidak besar dibandingkan dengan keuntungan besar namun perputaran uang yang lambat adalah pilihan tepat, agar bisnis anda dikenali dulu, menyenangi produknya dan selanjutnya konsumen anda akan tergantung pada bisnis yang anda sedang jalankan.

Selanjutnya saya akan membahas mengenai usaha pada bidang IT di Indonesia. Dunia Teknologi Informasi (IT) adalah sebuah dunia usaha dan teknologi yang paling banyak menghasilkan enterpreneur yang sukses baik secara bisnis maupun keuangan. Seperti misalnya Bill Gates dan Steve Jobs merupakan nama-nama pendiri perusahaan di bidang Teknologi Informasi dan merupakan entrepreneur murni karena mereka memulai usaha yang baru sama sekali dan di usia yang cukup muda.

Seperti juga sebuah bisnis pada umumnya, jika gampang memasukinya maka gampang pula untuk terlempar keluar dari persaingan, oleh sebab itu pemahaman dan pemilihan dalam membangun sebuah bisnis, khususnya dalam bidang IT sangat menentukan sukses tidaknya usaha tersebut dijalankan.

Walaupun banyak sekali bidang bisnis IT, tetapi pada umumnya bidang usaha yang sering dimasuki oleh seorang pebisnis baru adalah:

  • Perusahaan pengembangan perangkat lunak aplikasi (software house).
  • Konsultan Implementasi Teknologi Informasi baik itu implementasi hardware maupun implementasi software.
  • Distributor dari produk-produk IT, baik hardware ataupun software.
  • Training dan pendidikan bidang IT.

Jadi menurut saya untuk masuk dan terjun membangun sebuah usaha langkah awalnya diperlukan niat yang kuat serta keberanian. Karena dengan niat tersebut brarti kita telah siap untuk ikut berkompetisi dalam hal memikat konsumen, serta dengan keberanian brarti kita telah siap apabila mendapat kerugian ataupun usaha kita tida berkembang.
Sumber:

 

Kategori:Tugas
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: