Beranda > Tugas > Etika dan Profesionalisme

Etika dan Profesionalisme

        Setelah pada pertemuan pertama mendapat tugas mereview blog, tugas softskill kedua saya kali ini adalah mengenai pengertian etika dan profesionalisme. Tentu saja untuk mengerjakan tugas ini saya menggunakan internet untuk mencari pengertian tersebut dan pada bagian akhir akan dicantumkan link dari sumber tersebut. Pengertian  etika itu sendiri adalah ilmu yang membahas perbuatan baik dan perbuatan buruk manusia sejauh yang dapat dipahami oleh pikiran manusia.Perbuatan baik dan buruk disini menurut saya pastinya berhubungan dengan nilai agama dan norma yang telah ditentukan di masyarakat. Seperti pada pelajaran Agama Islam dimana pengertian takwa adalah melaksanakan segala perintah Allah swt dan menjauhkan segala larangan-Nya. Jadi dapat dikatakan etika berhubungan dengan nilai perilaku individu tersebut terhadap lingkungan sekitar maupun masyarakat pada umumnya. Etika  dari segi cara penilaian baik dan buruk terdapat beberapa paham dan aliran, seperti Paham Kebahagiaan (Hedonisme), Paham Eudaemonisme, Aliran Pragmatisme, dan masih banyak lainnya. Disini saya tidak akan membahas masalah tersebut dikarenakan saya kurang begitu memahaminya.

         Selanjutnya adalah profesionalisme, namun alangkah baiknya jika kita mengetahui makna dari kata profesi terlebih dahulu. Profesi adalah kata serapan dari sebuah kata dalam bahasa Inggris “Profess”, yang dalam bahasa Yunani adalah “Επαγγελια”, yang bermakna “Janji untuk memenuhi kewajiban melakukan suatu tugas khusus secara tetap/permanen”. Profesi adalah pekerjaan yang membutuhkan pelatihan dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan khusus. Seseorang yang memiliki suatu profesi tertentu, disebut profesional. Soedijarto (1990:57) mendefinisikan profesionalisme sebagai perangkat atribut-atribut yang diperlukan guna menunjang suatu tugas agar sesuai dengan standar kerja yang diinginkan. Dari pendapat ini, sebutan standar kerja merupakan faktor pengukuran atas bekerjanya seorang atau kelompok orang dalam melaksanakan tugas. Sementara itu Philips (1991:43) memberikan definisi profesionalisme sebagai individu yang bekerja sesuai dengan standar moral dan etika yang ditentukan oleh pekerjaan tersebut. Jadi menurut saya Etika dan Profesionalisme adalah suatu perilaku yang dilakukan oleh individu dimana tugas atau pekerjaan yang dilakukan harus sesuai dengan standar moral serta norma yang berlaku dan hasilnya dapat dipertanggung jawabkan. Tetapi kesimpulan ini hanya menurut saya, apabila ada kekeliruan mohon dimaafkan.

  Pentingnya Etika Dan Profesionalisme dalam  Suatu Bidang Profesi

         Selanjutnya mengenai etika dan profesionalisme pada suatu bidang profesi.  Saya ambil contoh pegawai atau karyawan yang bekerja pada perusahaan maupun sebuah instansi. Pertama, kemampuan atau intelektual karyawan tersebut harus sesuai dengan jenis dan sifat pekerjaannya. Kapasitas intelektual ini tentu berhubungan dengan jenis dan tingkat pendidikan yang menjadi karakteristik pengetahuan dan keahlian seseorang dalam bekerja. Kedua, standar kerja yang sekurang-kurangnya mencakup prosedur, tata cara dan hasil akhir pekerjaan. Ketiga, standar moral dan etika dalam melaksanakan pekerjaan tersebut. Hal ketiga inilah yang sulit dirumuskan dan dinyatakan secara utuh, karena tergantung dari kepribadian seseorang dan juga faktor pendukung lain yaitu lingkungan kerja itu sendiri.

Etika Dan Profesionalisme sebagai Profesi IT

        Sebagai profesi IT tentu saja membutuhkan Etika Dan Profesionalisme, karena IT itu sendiri terbagi lagi menjadi banyak bidang. Seperti misalnya bidang programmer, database administrator, it konsultan, project manager, dan masih banyak lainnya. Kesemua bidang itu harus kita kuasai dengan baik karena bidang TI terus berkembang pesat.

sumber >>

http://id.wikipedia.org/wiki/Profesi
http://tesisdisertasi.blogspot.com/2010/03/pengertian-profesionalisme.html

Kategori:Tugas
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: