Beranda > Tugas > Tugas Bahasa Indonesia (Bulan April)

Tugas Bahasa Indonesia (Bulan April)

Kerjakan soal berikut dalam kelompok (maksimal 3 orang).

 1. Dalam urutan sebab-akibat, penulis memulai proses kreatif menulis  dengan  membicarakan permasalahan yang menyebabkan terjadinya masalah yang lain. Kalimat-kalimat yang menguraikan masalah disebut penyebab atau singkatnya sebab. Sedangkan yang disebut akibat adalah kalimat yang menguraikan kesimpulan dari masalah-masalah penyebab. Kalimat sebab umumnya diuraikan sebelum kalimat akibat. Ciri khas paragraf jenis ini ialah terbinanya hubungan sebab akibat antara kalimat yang satu dengan kalimat yang lain.  Jadi hubungan sebab akibat ini merupakan satu rangkaian yang berkesinambungan.

2. Deskripsi merupakan sebuah karangan yang mengajak pembacanya untuk dapat mendengar, melihat dan merasakan secara langsung. Deskripsi atau pemerian ini bisa berupa rincian tentang bentuk, ruang, waktu, peristiwa, atau keadaan. Kadang-kadang urutan pernyataannya tidak ketat. Artinya, urutan pernyataan dalam sebuah paragraf pemerian bisa diubah, walaupun tidak selamanya.

Contoh :

            Desa Batur yang setiap harinya tertib, hening, senyap, tempat para senimannya menghabiskan sebagian waktunya dengan kerja kreatif, kali ini berubah laksana sebuah akuarium yang kemelut. Tak ada wajah-wajah suram yang memancarkan rasa duka cita. Sesuai dengan kepercayaan masyarakat Bali pada umumnya yang menghendaki agar khalayak melepas sang almarhum menuju nirwana dengan tenang. Yang terlihat hanya warna-warni merah, wajah cerah, serta suara gembira yang gemuruh. Para wanita mengenakan baju kebaya, kain, dan selendang berwarna semarak . Laki-lakinya mengenakan kain samping yang tradisional, yaitu kain petak-petak hitam putih. Putih warna bajunya, putih ikat kepalanya. Matahari agak muram seperti enggan menyengatkan sinarnya

3. Dalam bab pertama pendahuluan dari sebuah laporan meliputi perumusan masalah yang hendak dipaparkan dalam laporan. Buatlah ide penelitian dan tulis perumusan masalah secara jelas.

 Ide penelitian ini mengenai aplikasi bagi mahasiswa Universitas Gunadarma agar menggemari sastra Indonesia.

Mengingat luasnya permasalahan, maka penulis membatasi penulisan kepada parameter seberapa besar minat baca mahasiswa, pembuatan ebook Tetralogi Buru, animasi menarik dan musik yang mengiringi pengguna saat membaca. Aplikasi ini menggunakan bahasa Java yang memiliki banyak kelebihan dibanding bahasa lainnya.

Selesaikan soal silogisme di bawah ini :

4.  a. Premis Mayor : Semua negara di Asia Tenggara yang sedang berkembang tergabung   dalam ASEAN (A)

Premis Minor                  : Indonesia merupakan salah satu negara yang berkembang di Asia(A)

Kesimpulan : Indonesia tergabung dalam ASEAN.

      b.    Premis Mayor : Beberapa nelayan memiliki perahu bermotor (I)

Premis Minor                : Beberapa tengkulak memiliki perahu bermotor (I)

Kesimpulan             : Beberapa nelayan dan tengkulak memiliki perahu bermotor.

Kesimpulan yang dapat diambil dari premis di bawah adalah……

a.   Karena kakak mengidap penyakit maag, maka kakak tidak boleh makan makanan yang asam.

– Kakak tidak boleh makan makanan yang asam karena mengidap penyakit maag.

 b. Karena mengidap penyakit lever, ayah tidak boleh makan hidangan yang berlemak.

–  Ayah tidak boleh makan hidangan yang berlemak karena mengidap penyakit lever.

Jelaskan pernyataan kalimat di atas dalam konsep berpikir induktif!

 6. Misalnya Anda mengemukakan gagasan bahwa tinggal di daerah kumuh tidak baik bagi kesehatan. Gagasan yang dilengkapi dengan keterangan dan informasi ini menggunakan metode  induktif.

  • Latar Belakang

Sebagaimana diketahui, bahwa masyarakat di daerah kumuh selama ini tidak menyadari bahwa kesehatan merupakan aset berharga. Pola hidup mereka cenderung ke arah negatif. Seperti membuang sampah sembarangan, mandi, cuci dan kakus di tempat milik bersama serta tidak memerhatikan kebersihan makanan. Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Dinas Kebersihan Provinsi DKI Jakarta, sebanyak 100,9 ton sampah tidak terangkut pada kawasan kumuh dan berpotensi membawa bibit penyakit. Selain itu, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta juga mencatat bahwa 69% pasien yang dirawat di rumah sakit milik pemerintah berdomisili di daerah kumuh. Dengan demikian, masyarakat harus menyadari bahwa tinggal di daerah kumuh tidak baik untuk kesehatan.

  •  Lingkup Permasalahan

Penelitian ini akan dilakukan pada tiga kelurahan kumuh yang berada di DKI Jakarta. Ketiga kelurahan tersebut yaitu, Kelurahan Kebon Kacang, Kelurahan Cilincing dan Kelurahan Kampung Melayu. Data yang diperlukan adalah jumlah penduduk, identitas narasumber, banyaknya sampah, tingkat penghasilan, dan riwayat penyakit yang pernah diderita.

  •  Tujuan Penelitian

 Secara khusus, penulisan ini bertujuan untuk mengetahui secara nyata kondisi daerah kumuh dan memberi masukan bagi para penentu kebijakan untuk menentukan alternatif-alternatif pemecahan masalah. Selain itu, tujuan utama dari penulisan ini adalah membantu masyarakat untuk lebih menyadari bahwa kesehatan adalah aset yang berharga sehingga harus diperhatikan secara seksama.

7. Identifikasi kesalahan pada pernyataan di bawah ini dalam konsep berpikir deduktif!

a. Semua pelaku kejahatan adalah korban rumah tangga yang berantakan.

Pernyataan di atas memiliki premis yang tidak dibatasi, yaitu pada semua pelaku kejahatan. Setelah ditelaah, kira-kira artinya begini:

Setiap kejahatan disebabkan oleh rumah tangga yang berantakan.

Hal ini sulit diterima oleh logika, karena ada kejahatan yang dilakukan atas dasar ekonomi.

 b.  Saya tidak pandai berenang. Hampir semua anggota keluarga saya tidak dapat berenang.

Pernyataan poin b mengandung hubungan sebab-akibat yang tidak tepat. Hal ini merupakan pengaruh budaya nenek moyang yang percaya pada takhayul atau berasal dari kepercayaan penulis, meskipun, jika ditelaah dengan seksama, maka premisnya akan sulit diterima oleh akal sehat.

Kategori:Tugas
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: