Beranda > General, Tulisan > Robot untuk Penderita Lumpuh

Robot untuk Penderita Lumpuh

JAKARTA–MICOM: Sebuah perusahaan di Jepang sedang mengembangkan robot yang dapat membantu penderita lumpuh akibat kecelakaan dan stroke. Mereka yang ingin menggunakan bantuan robot ini dapat melekatkan mesin pada pinggang dan kaki untuk membantu berdiri dan kemudian berjalan.

Salah satu yang tengah menjalani uji coba untuk menggunakan robot ini adalah Nobuku Nishi, seorang penderita stroke berusia 77 tahun yang tinggal tak jauh dari Tokyo. Dalam uji cobanya Nishi dibantu oleh seorang physiotherapist yang mengikatkan robot pada bagian kaki dan pinggangnya.

Sepasang sepatu khusus yang menghubungkan telapak kakinya dengan mesin robot itu juga dikenakan oleh Nishi dalam uji coba ini. “Sangat sulit berdiri diatas kedua kaki saya. Saya senang dengan bantuan Roboto-san sehingga saya bisa berjalan lagi,” kata Nishi.

Setelah beberapa menit dalam uji kegunaan robot tersebut, Nishi mulai mencoba untuk melangkah melewati tangga. Meski langkahnya agak kurang stabil namun dia berhasil tetap berada dalam posisi tegak dan berjalan tanpa terjatuh. Robot bernama The Hybrid Assistive Limb ini dikembangkan oleh perusahaan bernama Cyberdyne dan sekarang tengah dikembangkan di sejumlah rumah sakit di Jepang.

Dalam pengembangannya mereka menempatkan sensor yang bisa menangkap sinyal listrik dari tubuh. Fungsinya, kata mereka, seperti otot pembantu untuk mendorong pergerakan tubuh. Dokter yang menangani Nobuku Nishi, Shinichiro Maeshima menilai robot ini mampu memotivasi pasien dan staf rumah sakit selama menjalani rehabilitasi.

Dia berharap alat seperti ini mampu membantu orang yang lumpuh bisa kembali lagi untuk berjalan. “Sangat penting untuk memadukan antara pengobatan dan teknologi,” katanya. “Target kami adalah membuat pasien bahagia dan hidup dengan nyaman.”

dikutip dari <<http://www.mediaindonesia.com

Kategori:General, Tulisan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: