Beranda > General > Protein pada Urine Bantu Deteksi Kanker

Protein pada Urine Bantu Deteksi Kanker

KANDUNGAN protein yang ditemukan di urine bisa menjadi petunjuk ampuh dalam mendeteksi sel kanker prostat. Protein yang bernama MSMB hadir dalam jumlah yang sedikit pada pria yang didignosis mengidap kanker prostat.

Jumlah yang sedikit ditengarai akibat agresivitas tumor dan perubahan genetis terkait dengan kanker prostat. Penemuan ini dapat memberikan petunjuk yang sangat bermanfaat bagi upaya penyembuhan kanker prostat. Sejauh ini, dokter hanya mengandalkan hasil tes darah untuk mengidentifikasi antigen prostat spesisfik (PSA) untuk menganalisis risiko dan perkembangan penyakit. Hasil penelitian ini juga telah dimuat dalam jurnal daring Public Library of Science ONE edisi Oktober 2010.

Pemimpin penelitian Dr Hayley Whitaker dari Lembaga penelitian Kanker Inggris mengatakan, “Kami menganalisis jaringan dan urine dari sekitar 350 pria normal dan pengidap kanker prostat guna mengetahui berapa banyak MSMB yang mereka miliki. Kami memantau adanya perubahan genetis. Protein ini terbilang mudah untuk dideteksi karena terdapat pada urine sehingga berpotensial dijadikan dasar bagi tes simpel guna mengetahui apakah seseorang berisiko mengidap penyakit itu atau tidak.”

Dr Kate Holmes, Manajer Penelitian Yayasan Amal Kanker Prostat mengutarakan, “Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa jumlah protein MSMB yang dihasilkan kelenjar prostat pada penderita kanker prostat ternyata lebih sedkit ketimbang yang tidak.” Namun, ia mengakui bahwa dibutuhkan penelitian lebih lanjut guna menentukan seberapa efektif pendeteksian MSMB dalam urine dalam memprediksi risiko dan mendiagnosis kanker prostat. (Pri/OL-06)

Kategori:General
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: