Beranda > Tugas > Hukum Permintaan dan Penawaran

Hukum Permintaan dan Penawaran

Dalam ilmu ekonomi tentunya kita mengenal istilah permintaan (demand) dan penawaran (supply), keduanya akan saling bertemu dan membentuk satu titik pertemuan dalam satuan harga dan kuantitas (market equilibrium).

Permintaan adalah kemauan dan kemampuan seseorang untuk membeli suatu barang atau jasa pada kemungkinan tingkat harga tertentu dalam waktu yang sama. Sedangkan pengertian penawaran adalah kemauan dan kemampuan produsen untuk menawarkan suatu barang atau jasa untuk dijual pada tingkat harga tertentu dalam waktu yang sama.

Contoh : Terjadinya proses tawar-menawar antara penjual dan pembeli di suatu pasar hingga keduanya memperoleh kesepakatan pada harga tertentu.

Hukum Permintaan dan Penawaran

“ Jika harga turun maka permintaan akan naik, jika harga naik maka permintaan akan turun “

Hukum permintaan dan penawaran adalah hukum dasar dari ilmu ekonomi yang merupakan basis utama dari terjadinya suatu ekonomi pasar.

Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat permintaan :

–         Perilaku konsumen/selera konsumen

–         Ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap

–         Pendapatan/penghasilan konsumen

–         Perkiraan harga di masa depan

–         Banyaknya/intensitas kebutuhan konsumen

Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat penawaran :

–         Biaya produksi dan teknologi yang digunakan

–         Tujuan perusahaan

–         Pajak

–         Ketersediaan dan harga barang pengganti dan pelengkap

–         Prediksi/perkiraan harga di masa depan

Kurva Permintaan dan Penawaran

Contoh Kasus :

Seiring dengan berkembangnya zaman, kemajuan dalam bidang teknologi dan telekomunikasi pun ikut mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya pengguna telepon genggam atau yang biasa kita sebut dengan handphone, hampir semua orang memiliki alat komunikasi portable ini. Padahal seperti yang kita ketahui, beberapa tahun ke belakang alat komunikasi ini masih tergolong sebagai barang tersier/barang mewah yang untuk mendapatkannya diperlukan pengorbanan karena harganya yang cukup mahal. Tetapi sekarang ini permintaan terhadap handphone pun semakin banyak dan peminatnya juga bukan hanya berasal dari kalangan menengah ke atas, melainkan juga dari kalangan menengah ke bawah.

Salah satu faktor pendorong terjadinya kenaikan permintaan ini adalah karena adanya keinginan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mereka akan komunikasi. Selain itu, gaya hidup konsumen dan pendapatan juga berpengaruh terhadap permintaan pasar. Sehingga pada akhirnya produsen pun menawarkan produk-produk handphone dengan harga tertentu yang dapat disesuaikan dengan selera dan pendapatan konsumen. Harga sebuah handphone baru untuk saat ini yang paling murah bahkan dapat mencapai angka 200 ribuan, tentu saja harga yang ditawarkan itu cukup murah mengingat kualitas yang kita peroleh juga tidak begitu mengecewakan.

Di sini kita bisa melihat, bahwa hukum permintaan dan penawaran berlaku untuk contoh di atas. Pada saat permintaan terhadap suatu barang naik maka penjual akan melakukan penurunan harga. Tetapi begitu pula sebaliknya, apabila harga barang dinaikkan maka permintaan akan turun. Dengan bertemunya permintaan dan penawaran tersebut akan membentuk titik equilibrium, yaitu pada saat penjual dan pembeli melakukan transaksi jual-beli atas suatu barang dengan harga yang telah disepakati.

Contoh lain yang sangat sederhana adalah saat permintaan konsumen terhadap kebutuhan pangan meningkat pada bulan Ramadhan, terutama untuk makanan yang biasa disajikan sebagai menu berbuka puasa, biasanya kita akan melihat banyak orang akan memadati tempat penjual es buah.

Oleh karena itu, dengan sendirinya permintaan terhadap buah-buahan pun akan meningkat. Namun, tidak hanya berpengaruh terhadap harga buah, tetapi kenaikkan permintaan ini juga ikut mempengaruhi harga bahan pelengkap lainnya, seperti susu, gula, dan sirup.

Bila keadaannya seperti itu, pemasok buah-buahan akan menjual buah mereka secara borongan kepada penjual es buah dan tentu saja harga yang diberikan pun akan lebih murah dibandingkan bila kita hanya 1 jenis buah.

Kategori:Tugas
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: