Beranda > Tugas > SECURITY BANK

SECURITY BANK

Security Bank atau Keamanan Bank adalah sistem protokol keamanan yang dibuat oleh bank untuk melindungi dan memelihara privasi dan keamanan nasabah pada saat mengunjungi situs bank tersebut maupun pada saat bertransaksi. Sehingga diharapkan dengan keamanan ini informasi maupun data yang dimiliki oleh nasabah dapat terlindungi dengan aman. Namun, seiring era teknologi yang semakin canggih akhir-akhir ini banyak terjadi lagi kasus pembobolan bank, diantaranya kasus pembobol rekening ATM, pencurian data nasabah, dan sebagainya. Oleh karena itu Bank Indonesia secara khusus telah meminta agar seluruh bank untuk meningkatkan atau meng-update sistem keamananya.

Dalam hal ini saya akan memposisikan diri saya sebagai korban atau pihak yang dirugikan dalam kasus pembobolan ATM. Kasus-kasus pembobolan ATM di antaranya melalui via sms dengan modus mendapat undian berhadiah, call center palsu, dan paling terbaru saat ini yaitu melalui skimmer. Namun  banyak masyarakat yang belum mengetahui, apa skimmer itu? Skimmer adalah alat pembaca dan penulis kartu magnetik. Skimmer bisa menyalin seluruh data dari ATM kita kemudian mentransfernya ke kartu lain yang masih kosong. Cara kerjanya mirip alat pengganda compact disk (CD) writer pada komputer yang mampu membaca CD berisi data, kemudian menyalinnya ke CD lain yang masih kosong. Isinya akan sama persis dengan CD aslinya.

Lalu bagaimana cara kerja alat skimmer pada mesin ATM? Pelaku biasanya menempatkan alat skimmer miliknya di mesin ATM. Saat nasabah melakukan transaksi dengan mesin ATM yang telah disusupi skimmer, secara otomatis alat ini akan menyalin seluruh data dari kartu ATM si nasabah. Selain skimmer, pelaku juga menempatkan satu kamera kecil tersembunyi (hidden cam) untuk merekam nomor PIN si nasabah. Kamera biasanya diletakkan di pinggiran kotak brosur, bahkan ada yang sengaja memasang di atas layar ATM sehingga dengan leluasa dapat merekam aktivitas yang terjadi di atas tombol penekan PIN. Jadi, saat nasabah menekan tombol PIN-nya, otomatis akan termonitor dan direkam. Lengkap sudah, pelaku bisa memiliki data dari kartu ATM si nasabah sekaligus nomor PIN-nya. Kemudian, dengan gampang ia tinggal menggunakan kartu hasil kloning dan PIN nasabah untuk menguras habis isi rekening tersebut.

Ini mengakibatkan kepanikan di kalangan masyarakat, khususnya bagi pengguna ATM. Apalagi orang yang paling dirugikan  adalah para nasabah  bank bersangkutan dimana mereka menggunakan mesin ATM tersebut, karena dengan seketika uang mereka akan raib atau hilang begitu saja. Bahkan untuk nasabah yang memiliki simpanan uang yang banyak, pasti akan sangat shock ketika mengetahui simpanannya telah raib oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Untungnya secara resmi Bank Indonesia telah mengeluarkan sikap agar para nasabah korban pembobolan tersebut diganti semua kerugiannya oleh pihak bank, karena bank tersebut merupakan pihak yang harus bertanggung jawab atas pembobolan tersebut. Tapi, yang menjadi keraguan kita apakah pihak bank mau untuk mengganti sespenuhnya kerugian nasabah? Kita tidak tahu!

Dan di bawah ini Ada Beberapa Tips Menghindari Skimmer
1. Amankan selalu nomor pin anda
2. Teliti dengan seksama mesin atm yang akan digunakan
3. Jangan pernah meninggalkan kartu atm anda di mesin bila sewaktu-waktu macet dan tidak mau keluar
4. Biasakan berbelanja dengan uang tunai jangan percaya begitu saja dengan fasilitas electronic data capture (EDP)

Kategori:Tugas
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: