Beranda > Tugas > Komunikasi Sebagai Fungsi Manajemen Strategis

Komunikasi Sebagai Fungsi Manajemen Strategis

Komunikasi mempunyai peran yang dominan sebagai fungsi manajemen strategis. Jadi komunikasi harus dapat menjembatani fungsi dari manajemen strategis, yang artinya proses pengambilan keputusan yang dihasilkan harus dapat bersifat strategis. Seperti misalnya tugas dari seorang Public Relations, PR mempunyai fungsi yaitu mengendalikan karyawan melalui komunikasi persuasif untuk mencegah mogok kerja, demonstrasi atau tindakan yang dapat merugikan dan mencemarkan nama baik perusahaan. Sehingga setiap manajer baik tingkat atas, menengah, maupun bawah harus memiliki keterampilan yang cakap dalam berkomunikasi agar tidak terjadi miss understanding kepada para staff di bawahnya. Jika dalam penyampaiannya terjadi technical error, maka komunikasi sebagai fungsi manajemen strategis pun tidak akan berjalan dengan baik.

Penjelasan di atas membuktikan bahwa komunikasi berkaitan juga dengan manajemen dan tata kerja. Tata kerja atau metode itu sendiri adalah cara bagaimana antara sumber-sumber dan waktu yang tersedia yang amat diperlukan serta dapat dimanfaatkan dengan tepat, sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat pula. Pemakaian tata kerja tersebut ditujukan untuk :

  1. Menghindari terjadinya pemborosan di dalam pendayagunaan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
  2. Menghindari kesimpangsiuran dalam proses pencapaian tujuan.
  3. Menjamin adanya pembagian kerja, waktu, dan koordinasi yan tepat.

Eratnya hubungan komunikasi sebagai fungsi manajemen strategis maupun hubungannya dengan tata kerja atau metode pada dasarnya kembali pada pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.

Kategori:Tugas
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: