Beranda > Portofolio, Tulisan > BEM vs HIMA

BEM vs HIMA

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) adalah organisasi mahasiswa intra kampus yang merupakan lembaga eksekutif di tingkat Universitas atau Institut. Dalam melaksanakan program-programnya BEM memiliki beberapa departemen. Salah satu organisasi mahasiswa intra kampus selain BEM adalah Himpunan Mahasiswa Jurusan.

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HIMA) adalah organisasi kemahasiswaan di tingkat jurusan di suatu perguruan tinggi/universitas. Himpunan ini merupakan media bagi anggotanya untuk mengembangkan pola pikir dan kepribadian yang berkaitan dengan disiplin ilmunya agar siap terjun ke masyarakat. Sama halnya seperti BEM, dalam menjalankan program kerja HIMA juga memiliki beberapa departemen.

Ada keterkaitan antara kedua organisasi tersebut yang saling mendukung satu sama lain. Namun, karena adanya keterkaitan itu terkadang juga bisa menjadikan konflik bagi keduanya. Diantaranya, saat BEM yang kerap kali mendominasi kegiatan-kegiatan di kampus membuat HIMA menjadi kurang aktif dalam mengeksplor potensi yang ada. Program kerja HIMA banyak yang tidak terrealisasi dengan baik karena bentrok dengan kegiatan yang diadakan oleh BEM, massa yang pada awalnya sudah menjadi target diperkirakan jumlahnya sedikit banyak akan berkurang, selain itu akan terjadi perebutan fasilitas yang dipinjamkan oleh pihak universitas.

Dengan adanya kejadian seperti itu, tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan hubungan antara BEM dan HIMA menjadi kurang harmonis. Untuk itu diperlukan solusi yang tepat agar antara kedua pihak tidak ada yang merasa dirugikan atau merugikan pihak lain.

Ada beberapa pilihan solusi untuk permasalahan di atas : yang pertama, BEM dan setiap HIMA masing-masing mengirimkan utusan untuk berdiskusi guna membahas program kerja organisasi dan menyesuaikan jadwal pelaksanaan kegiatannya supaya tidak terjadi bentrok. Tetapi apabila dengan cara ini tidak diperoleh kesepakatan maka perlu diadakan Musyawarah Besar yang dihadiri oleh BEM dan seluruh HIMA. Jalannya musyawarah ini dipimpin oleh pihak netral yang menjadi penengah diantara keduanya. Dengan demikian diharapkan kedepannya BEm dan HIMA, dapat saling menjalankan tugasnya masing-masing tanpa harus ada perdebatan lagi.

Kategori:Portofolio, Tulisan
  1. Belum ada komentar.
  1. 30/12/2009 pukul 9:18 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: