Beranda > Portofolio, Tulisan > Bunga Bangkai Ditemukan di Lombok Barat

Bunga Bangkai Ditemukan di Lombok Barat

LOMBOK BARAT–MI: Warga Dusun Barok Bokong, Desa Beleke, Kecamatan Gerung, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (31/10), dihebohkan dengan penemuan sebuah bunga bangkai (bunga raksasa).

Bunga tersebut tumbuh mekar pada sebidang tanah milik salah Agus, warga setempat. Penemuan bunga bangkai tersebut berawal dari rasa penasaran warga yang mencium bau busuk sangat menyengat di lingkungan sekitar pada Jumat malam (30/10). Tidak tahan dengan bau busuk tersebut, warga akhirnya berinisiatif mencari sumber bau busuk itu.

bunga bangkai

(ANTARA/ Basrul Haq)

“Ternyata setelah kami telusuri, bau busuk itu berasal dari bunga yang cukup besar,” ujar Dul Halim, 45, yang ditemani Sahir, 50. keduanya merupakan warga setempat. Sahir menceritakan, awalnya warga tidak menyadari bahwa bunga dimaksud adalah bunga Raflesia. Soalnya, beberapa hari sebelumnya telah melihat bunga itu, namun masih dalam ukuran kecil atau seperti ukuran bunga biasa.

“Setelah mengembang dan berukuran seperti ini baru baunya keluar,” ujarnya. Bau bunga tersebut bisa tercium hingga 15 meter. Karenanya, warga yakin bunga itu adalah bunga bangkai. Bunga ini hingga saat ini masih dibiarkan warga. Sementara Agus, pemilik lahan tempat bunga itu tumbuh, telah memasang pagar pelindung di sekitar bunga untuk melindungi bunga langka itu. “Kami biarkan saja dulu sampai bunga ini rusak dengan sendirinya agar warga bisa menyaksikan dengan gratis,” kata dia.

Penemuan bunga berwarna merah tua dengan tinggi sekitar 30 centimeter (cm) dan lebar 30 cm itu juga mengundang penasaran warga dari dusun lain untuk berdatangan menyaksikan langsung bunga langka itu. Penemuan bunga Raflesia ini bukan yang pertama kali d wilayah Lombok Barat. Bunga langka itu juga ditemukan warga tumbuh di Dasan Tapen Desa
Beleka Kecamatan Gerung Lobar dan Dusun Kebon Orong Kecamatan Kediri Lobar tahun lalu.

Selain di Lombok Barat, bunga bangkai itu juga tumbuh di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) di Desa Tete Batu, Kecamatan Sikur, Lombok Timur. Bunga tersebut ditemukan oleh salah seorang petugas TNGR, M Faisyal, ketika melakukan patroli rutin di kawasan hutan TNGR. Saat ini, bunga bangkai tersebut masih dibiarkan tetap tumbuh. (Ant/OL-04)

sumber -> http://www.mediaindonesia.com/read/2009/10/31/103185/129/101/Bunga-Bangkai-Ditemukan-di-Lombok-Barat

 

 

Kategori:Portofolio, Tulisan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: