Beranda > Tugas, Tulisan > BIKERS CLUB

BIKERS CLUB

Tema: Organisasi Berorientasi Hasil

Sebelum kita memulai alangkah baiknya jika kita mengenal apa organisasi itu? Organisasi adalah sekelompok manusia yang saling bekerja sama dan berinteraksi untuk mencapai tujuan  yang telah ditetapkan. Oleh karena itu saya akan membuat organisasi yang pada akhirnya memiliki orientasi hasil konflik kepentingan. Organisasi ini bernama Bikers Club, sebagai organisasi yang terbentuk berdasarkan kecintaan dan kegemaran kita mengendarai sepeda. Maka organisasi ini mencirikan pola hidup sehat dan sederhana. Organisasi ini akan memiliki hasil  konflik kepentingan karena tidak memiliki satu poin penting, yaitu aturan. Untuk lebih jelasnya berikut poin-poin yang ada dalam organisasi ini:

I.  Nilai & Visi

Nilai & Visi merupakan filosofi atau dasar utama awal pembentukan suatu organisasi. Bikers Club memiliki nilai & visi diantaranya:

  • Untuk menjembatani semua pihak yang ingin menyalurkan hobi bersepeda
  • Menyadarkan orang-orang bahwa banyak hal yang bermanfaat dari bersepeda
  • Menjalin silaturahmi kepada setiap pecinta sepeda
  • Peduli lingkungan, serta aktif dalam berorganisasi

II.  Misi

Misi disini merupakan hal yang harus dicapai dalam suatu organisasi. Disini misi dari organisasi ini, yaitu mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memiliki pola hidup sehat dan peka terhadap lingkungan. Karena dengan kita mengendarai sepeda, maka akan           mengurangi polusi udara yang semakin tercemar seperti sekarang ini.

III.  Profesionalisme

Dalam suatu organisasi haruslah didukung oleh orang-orang yang professional. Jadi di dalam organisasi bikers ini juga profesionalisme merupakan suatu hal yang penting.

IV.  Insentif

Secara sederhana insentif merupakan suatu bentuk penghargaan bagi para anggota yang berhasil atau berprestasi dalam hal melakukan terobosan untuk organisasi tersebut. Disini kami juga memberikan penghargaan kepada para anggota yang dapat merangkul banyak masyarakat untuk bergabung dan memiliki sikap peduli lingkungan. Ini ditujukan agar memotivasi para anggota untuk lebih aktif lagi dalam berorganisasi.

V.  Sumber Daya

Di dalam organisasi ini sumber manusia yang kita kumpulkan, merupakan orang-orang yang telah peka dan mengerti berbahayanya polusi udara yang sekarang semakin membuat bumi kita semakin panas. Sedangkan untuk sumber daya materilnya merupakan sumbangan pokok dan sukarela dari para anggota.

VI.  Rencana Kerja

Bikers Club memiliki rencana jangka panjang dan pendek. Rencana jangka panjangnya adalah membuat organisasi ini menjadi semakin besar, dengan melebarkan sayapnya ke berbagai daerah di Indonesia. Sehingga dapat dikenal lebih luas serta diakui keberadaannya sebagai organisasi yang sporty & kompeten. Rencana jangka pendeknya, yaitu mengajak sebanyak-banyaknya masyarakat untuk ikut bergabung dengan telah mempunyai motto untuk “HIDUP SEHAT”.

Kesimpulannya:

Sesuai dengan yang telah dijabarkan di atas kekurangan yang terdapat pada organisasi tersebut adalah aturan. Karena tanpa adanya aturan yang jelas, tidak ada pengendali agar kinerja organisasi tersebut berjalan dengan baik dan semestinya. Jika tidak terdapat aturan dalam suatu organisasi, maka akan terjadi konfik kepentingan dimana salah satu anggota akan bertindak sesuai dengan apa yang ia kehendaki, tanpa adanya larangan yang tercantum dalam aturan tersdebut. Jadi konflik kepentingan ini harus dicegah dengan cara membuat aturan yang jelas dan dapat diterima oleh seluruh anggota.

Kategori:Tugas, Tulisan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: